Spesifikasi Flagship Xiaomi Mi 8

apreslachute 0
Spesifikasi Flagship Xiaomi Mi 8

Apreslachute – Xiaomi Mi 8 merupakan seri smartphone flagship dari Xiaomi yang dirilis pertengahan tahun lalu, dan tahun ini penerusnya, Xiaomi Mi 9 akan diluncurkan pada bulan September. Alih-alih menunggu lama untuk peluncuran Mi 9, Mi 8 telah relevan untuk beberapa waktu. Xiaomi tidak berhenti menghadirkan produk-produk menarik, termasuk produk-produk andalannya. Bisa dibilang, tahun lalu Xiaomi merilis beberapa smartphone andalan, baik game maupun non-game, di antaranya adalah Xiaomi Mi 8, Xiaomi Pocophone F1 dan juga Xiaomi Black Shark.

Ketiga smartphone terbaru tersebut dibekali prosesor Snapdragon 845 yang menjadi juara selama ini. Telah teruji bahwa prosesor yang diproduksi oleh Qualcomm dapat menjalankan game 3D yang mulus dengan grafis yang keren tanpa tertinggal atau tersendat-sendat. Mi 8 menggunakan sistem operasi Android versi 8.0 (Oreo), namun pengguna dapat mengupgrade ke Android versi terbaru, yaitu versi 9.0 (pie).

Xiaomi Mi 8 merupakan penerus Mi 6. Mengapa Xiaomi menggunakan nama Mi 8. Daripada menggunakan nama Mi 7, apakah Xiaomi ingin mengikuti tren yang dibuat Apple karena Apple tidak merilis iPhone 9? Jika iPhone memiliki alasan bahwa iPhone X adalah perayaan yang dilakukan Apple pada ulang tahun iPhone yang ke 10, Xiaomi pun memiliki alasan yang serupa, yakni bahwa Mi 8 merupakan hari jadi tahun ke-8 Xiaomi. MI sangat bertanggung jawab, kenapa tidak 10 tahun saja?

Harga Xiaomi Mi 8

Selain itu, salah satu smartphone andalan Xiaomi ini memiliki teknologi dual camera di bagian belakang kamera yang keduanya sama-sama memiliki resolusi 12 MP. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 20 MP. Smartphone Xiami Mi 8 juga hadir dengan beberapa rentang yang meliputi Mi 8, Mi 8 Pro, Mi 8 Lite, Mi Explorer dan Mi 8 SE. Di produk ini, Xiaomi menyimpan memori internal 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Sedangkan untuk RAM-nya, Anda bisa memilih antara 6 GB atau 8 GB. Smartphone ini digadang-gadang akan menjadi pesaing iPhone 7. Hal tersebut tentunya karena spesifikasi dan seberapa cepat smartphone ini bisa menggunakan aplikasi terbaru. Selain itu, Xiaomi Mi 8 memiliki desain yang mirip dengan iPhone X.

Namun untuk saat ini kita hanya akan fokus membahas Mi 8. Harga Xiaomi Mi 8 adalah Rp. 5.800.000 untuk memori internal berkapasitas 64 GB, Rp.6.500.000 untuk kapasitas 128 GB, dan yang tertinggi dengan 256 GB adalah Rp. 7.200.000.

Untuk baterainya, Mi 8 dibekali dengan baterai built-in berkapasitas 3.400 mAh. Kapasitas baterainya memang tidak sebesar Xiaomi Pocophone F1 yang mencapai 4000 mAh, namun jika dilihat dari segi desain, tentu saja Mi 8 terlihat lebih mewah karena bahan yang digunakan jauh lebih baik dari pada Pocophone F1. Dibandingkan pendahulunya, Xiaomi Mi 6, performa Mi 8 sudah pasti signifikan.

Performa Memuaskan Xiaomi Mi 8

Layaknya smartphone flagship yang rilis tahun 2018 kemarin, Mi 8 dibekali dengan chip octa-core Snapdragon 845 AIE dan juga GPU Adreno 630. Chip AIE pada Snapdragon 845 merupakan singkatan dari Artificial Intelligence Engine, dimana kinerja chip ini dapat dioptimalkan menggunakan AI atau kecerdasan buatan. Untuk menemani kedua komponen tersebut, Xiaomi juga menawarkan RAM 6 GB dan 8 GB.

Dipastikan prosesor yang dibenamkan pada Mi 8 bisa berfungsi dengan lancar saat harus mengelola game 3D. Bermain PUBG bisa berjalan mulus di setting tertinggi. Selain itu, game 3D lainnya seperti Injustice 2 dan Mortal Kombat X yang menampilkan grafik yang hampir setara dengan konsol dan game komputer juga bisa dikerjakan dengan baik oleh smartphone ini.

Kamera dan fitur buka kunci wajah

Smartphone ini menggunakan konfigurasi kamera ganda di bagian belakang. Selain itu posisinya juga mirip dengan iPhone X yang terletak secara vertikal. Kedua kamera belakang memiliki sensor piksel 12 MP dengan piksel individual 1,4 mikron. Ini akan memberikan hasil yang baik jika Anda mengambil foto dalam kondisi minim cahaya.

Tidak hanya kamera belakangnya yang mirip dengan iPhone X, Mi 8 juga memiliki kamera depan yang mirip dengan smartphone Apple yang hadir dengan notch atau bang. Pada notch ini, Xiaomi membenamkan beberapa komponen yang mampu menawarkan sistem penguncian wajah berbasis infra merah. Hebatnya, meski dalam kondisi gelap, fitur pengunci wajah ini bisa mendeteksinya dengan baik.

Untuk ukuran smartphone flagship, Xiaomi memiliki harga dan nilai yang pas, karena dengan segudang fitur kerennya, kamu tidak perlu merogoh kocek lebih dari 10 juta. Sebelum maraknya Pocophone, bisa dibilang Xiaomi Mi 8 adalah flagship killer, karena smartphone dibekali Snapdragon 845 dengan harga terjangkau.

Referensi: Berita teknologi komputer