Langkah Marcom untuk Meningkatkan Branding

apreslachute 0
Langkah Marcom untuk Meningkatkan Branding

Apreslachute – Secara umum, hanya sedikit perusahaan yang melakukan kegiatan promosi.

Tanpa promosi, produk atau layanan tidak akan diketahui publik. Akan tetapi, kegiatan promosi saja tidak cukup untuk membuat suatu perusahaan berkelanjutan, tetapi diperlukan komunikasi pemasaran yang memadai.

Saat melakukan komunikasi pemasaran, akan terjalin komunikasi dua arah antara perusahaan dan pelanggan. Perusahaan akan mengetahui kebutuhan dan kebutuhan pelanggan. Plus, itu akan menghasilkan produk yang disukai pelanggan.

Definisi komunikasi pemasaran

Komunikasi pemasaran (Marcom) menurut Philip Kotler dan Armstrong (2008) merupakan kombinasi dari periklanan, hubungan masyarakat, promosi penjualan, penjualan langsung dan langkah-langkah pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dan membangun hubungan dengan pelanggan.

Melihat definisi di atas maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi pemasaran merupakan suatu perbaikan dalam kegiatan promosi. Strategi promosi adalah bagian dari Bauran Pemasaran 4P (produk, harga, lokasi dan promosi).

Perbedaannya adalah promosi dilakukan satu arah dari perusahaan ke konsumen. Sedangkan komunikasi pemasaran berupaya membangun komunikasi dua arah.

Di antara kemajuan teknologi digital dan perilaku penggunaan media sosial, bisnis harus bersedia berkomunikasi secara terbuka dengan masyarakat dan menggunakannya untuk meningkatkan nilai produk dan kepuasan pelanggan.

Kegiatan komunikasi pemasaran

Berikut beberapa aktivitas komunikasi pemasaran yang dapat Anda lakukan:

  1. Periklanan bertujuan untuk berkomunikasi dengan komunitas, membuatnya sadar dan mempengaruhinya. Memberikan pendidikan tentang nilai dan manfaat produk atau layanan yang ditawarkan.
  2. Promosi penjualan melalui gimmick promosi yang menarik bagi konsumen, seperti program diskon atau hadiah yang disertai dengan batasan waktu pembelian untuk mendorong konsumen mengambil keputusan pembelian secara cepat.
  3. Penjualan langsung ke konsumen hanya bisa berhasil jika penjual diinformasikan.
  4. Bisnis dapat mengatur acara seperti peluncuran produk baru, pertemuan pelanggan, dan acara lain sebagai sarana berkomunikasi dengan pelanggan.
  5. Mensponsori kegiatan tertentu dapat membuat konsumen menjadi brand awareness (kesadaran merek).
  6. Menyelenggarakan siaran pers atau konferensi pers tentang kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan, mis. Kegiatan CSR.
  7. Libatkan pelanggan dalam mendesain produk sesuai keinginan mereka.
  8. Kolaborasi dengan komunitas produk akan membawa perusahaan lebih dekat dengan pelanggan.

Komunikasi pemasaran yang efektif akan menjelaskan posisi merek di antara pesaing. Itu membuat perbedaan antara merek serupa dan dapat meningkatkan merek Anda.

Perusahaan dapat menentukan strategi pemosisian di antara pesaing, menciptakan produk atau layanan yang berharga dan berbeda dan tujuan mereka adalah kepuasan pelanggan.

Fase komunikasi pemasaran

  1. Sempurnakan pasar sasaran Anda dengan melakukan riset konsumen untuk mengidentifikasi pasar sasaran Anda.
  2. Berkomunikasi dengan pelanggan untuk memahami keinginan pelanggan akan produk atau layanan berharga yang akan dibuat (penciptaan nilai).
  3. Kumpulkan testimoni pelanggan tentang ide, kondisi, dan asumsi yang harus dicapai, dipahami, dan diterima pelanggan.
  4. Menemukan USP (Unique Selling Point) untuk produk atau layanan yang ditawarkan berbeda dari yang lain.
  5. Ciptakan produk yang kompetitif dan komunikasikan dengan cara yang memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa produk tersebut memenuhi janji mereka.
  6. Pilih saluran komunikasi yang sesuai dengan lokasi merek.

Setelah Anda merumuskan tindakan dan langkah komunikasi pemasaran Anda, implementasi tidak kalah pentingnya.

Pada saat implementasi, manajemen harus memilih tim “Marcom” yang memiliki pengalaman dalam pengembangan dan komunikasi baik secara lisan maupun tertulis.

Produk yang baik didukung dengan komunikasi pemasaran yang baik akan meningkatkan volume penjualan, keuntungan dan nilai merek Anda.

Untuk itu Jasa Backlink juga bisa menerapkannya.