Alasan Fitur Radio Di HP Dihilangkan

apreslachute 0
Alasan Fitur Radio Di HP Dihilangkan

Apreslachute – Dengan hadirnya beberapa teknologi baru di perangkat smartphone, ternyata keadaan ini juga menghilangkan sejumlah fitur legendaris di ponsel, termasuk salah satunya fitur radio FM.

Jika dulu fitur ini tidak pernah absen dari pengecer smartphone di produknya, kini kebanyakan ponsel anyar sudah tidak lagi memiliki fitur tersebut.

Namun apa sebenarnya yang menjadi alasan mengapa fungsi radio FM ini tidak lagi hadir di ponsel-ponsel terbaru? Temukan jawabannya di artikel Majapahit Teknologi lengkap di bawah ini.

Itu adalah salah satu fitur ponsel legendaris yang akhirnya dihapus, tentu ada beberapa alasan untuk keputusan ini.

Apa kamu ingin tahu sesuatu? Berikut beberapa alasan mengapa fungsi radio saat ini tidak ditemukan di kebanyakan ponsel.

1. Akses lebih mudah ke Internet

Tidak dapat dipungkiri bahwa datangnya koneksi internet bisa saja mengubah segala macam hal, termasuk salah satu kebiasaan pengguna.

Jika dahulu televisi, surat kabar dan radio merupakan sarana yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk memperoleh informasi, kini berkat hadirnya internet, segala sesuatu dapat dengan mudah diperoleh kapanpun dan dimanapun.

Faktanya, karena internet dan platform sosial membuat dunia pertelevisian yang dulu sibuk sekarang sepi peminat.

Oleh karena itu, semakin memudahkan seseorang untuk mengakses internet bagi seseorang, maka tidak heran jika fungsi radio ini akhirnya dihilangkan dari handphone, geng.

2. Aplikasi streaming musik yang lebih menarik

Tidak hanya seperti media terkini, radio terkadang kita dihibur dengan berbagai macam judul lagu yang biasanya merupakan permintaan pendengar.

Dipercaya dapat memberikan hiburan musik yang menarik, oleh karena itu dahulu banyak orang yang sengaja membuka aplikasi radio hanya untuk mendengarkan lagu.

Sayangnya, fitur radio sepertinya sudah tidak menarik lagi sejak hadirnya berbagai aplikasi streaming musik seperti Spotify, Joox, dan lainnya yang menawarkan lagu-lagu dari luar negeri dan genre musik yang berbeda.

3. Jumlah peminat menurun

Dengan semakin banyaknya aplikasi streaming musik, serta berbagai aplikasi game, serta media sosial yang menawarkan fitur lebih keren, hal ini jelas berdampak pada semakin menipisnya peminat aplikasi radio.

Faktanya, saat ini mungkin hanya segelintir orang yang masih menggunakan aplikasi radio, dan itu biasanya karena ponsel yang mereka gunakan sudah usang, sehingga tidak ada hiburan lain yang bisa Anda dapatkan dari perangkat seluler Anda.

Dengan jumlah penggemar aplikasi radio ponsel yang menurun setiap tahun, tidak mengherankan jika pada akhirnya, produsen HP melihat aplikasi radio sebagai fitur yang tidak perlu mereka tunjukkan lagi.

Ternyata saat ini kebanyakan ponsel anyar, terutama ponsel flagship, sudah tidak lagi memiliki aplikasi radio FM.

4. Fitur terkait game yang lebih menarik

Alasan lain mengapa fungsi radio FM di ponsel akhirnya ditiadakan adalah kebutuhan konsumen yang kini telah beralih ke fungsi alias yang terkait dengan game dan geng terkait game.

Seperti yang kita ketahui, bermain hari ini merupakan salah satu aktivitas yang banyak dilakukan pengguna di ponselnya.

Oleh karena itu, alih-alih menawarkan sesuatu yang jarang digunakan pengguna, vendor smartphone lebih memilih memperkenalkan fitur-fitur baru yang dapat memenuhi kebutuhan gaming konsumen.

Berbagai fitur yang berhubungan dengan game, seperti akselerator game pada tampilan high refresh, menjadi salah satu masalah yang ada pada produk HP terbaru.

5. Mengurangi waktu produksi

Alasan terakhir mengapa fitur radio FM sekarang dihapus dari banyak perangkat HP adalah karena mengurangi waktu produksi.

Karena semua chipset Qualcomm yang dibuat dalam beberapa tahun terakhir memiliki penerima FM internal.

Hanya saja mereka memilih untuk tidak mengaktifkannya karena beberapa alasan di atas yang dijelaskan Jaka, dan juga karena pengurangan waktu produksi.

Pasalnya, jika fungsi radio ini aktif, mereka harus berusaha lebih keras mengingat FM receiver ini perlu disetel sesuai di mana perangkat HP itu dijual.